5 Hal Mengenai Proses Penggalian Kolam yang Perlu Ditanyakan Ke Penyedia Jasa Pembuatan Kolam Renang

Banyak orang yang terkadang tidak memikirkan mengenai proses konstruksi kolam renang. Padahal, proses tersebut akan berdampak pada kita. Salah satunya ialah proses penggalian kolam renang. Oleh karena itu, tanyakanlah 5 hal in sebelum menyewa jasa pembuatan kolam renang.


1. Hal apa yang dapat dilakukan pada lahan yang akan digali?

Sebelum melakukan penggalian, singkirkanlah terlebih dahulu barang-barang di lahan yang hendak digali. Misalnya seperti bangku-bangku taman, pot tanaman, serta alat pemanggang. Pastikan lahan kita bersih dari segala peralatan tersebut. Jangan sampai ada barang-barang yang mengganggu pekerjaan kontraktor kolam renang. Apalagi, proses penggalian juga menggunakan mesin berat yang membutuhkan banyak tempat.
Namun, apabila benda-benda di lahan kita tidak dapat dipindahkan, pastikan benda-benda tersebut aman dari proses penggalian. Komunikasikan terlebih dahulu keberadaan benda-benda tersebut ke penyedia jasa. Selain itu, tanyakan juga mengenai resiko kerusakan pada benda-benda yang tertanam di dalam tanah seperti septic tank, sistem irigasi, serta saluran pembuangan.

2. Berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk proses penggalian?

Untuk menggali kolam renang, dibutuhkan waktu beberapa jam hingga beberapa hari. Lamanya waktu tersebut dipengaruhi oleh ukuran galian yang dibutuhkan untuk kolam renang. Semakin besar kolam renang, semakin lama juga waktu yang dibutuhkan untuk penggalian. Selain itu, cuaca dan kondisi tanah juga akan mempengaruhi lamanya proses penggalian. Tekstur lahan juga memberikan pengaruh. Bila di lahan kita terdapat semen maupun batu-batuan, tentu pembuat kolam harus menyingkirkannya dahulu sebelum menggali lahan. Tentunya, proses yang dibutuhkan akan menjadi lebih lama. Pekerja harus menghancurkan batu-batu dan semen tersebut sebelum disingkirkan.

3. Apa yang akan dilakukan terhadap tanah yang banyak akibat galian?

Untuk membuat lubang di kolam renang, penyedia jasa pembuatan kolam renang menggunakan mesin bernama eskavator. Beberapa eskavator memang berukuran lumayan besar. Namun, terdapat juga eskavator yang berukuran sedang dan cocok digunakan di lahan bagian belakang rumah.
Eskavator juga akan mengangkat tanah, kotoran, batu-batuan, serta kerikil. Terdapat juga sisa-sisa penggalian yang digunakan untuk membuat lapisan kolam renang. Sementara itu, sisa penggalian yang tidak digunakan akan dibuang ke tempat pembuangan yang sudah ditentukan.
Untuk masalah pembuangan sisa penggalian, kita tidak perlu khawatir. Penyedia jasa yang reputasinya baik sudah paham mengenai cara pembuangan sisa penggalian. Proses tersebut sudah menjadi standar pekerjaan yang mereka lakukan.

4. Seperti apa dampak proses penggalian yang dirasakan tetangga saya?

Penggalian kolam renang merupakan proses yang berisik dan membuat lingkungan kotor. Pada proses ini, pekerja harus memindahkan tanah dalam jumlah yang besar. Proses pemindahan tersebut dilakukan dengan mesin berukuran besar sehingga menimbulkan keberisikan serta debu yang banyak. Untungnya, seperti yang telah disebutkan, proses penggalian tidaklah memerlukan waktu yang lama. Jadi, tetangga kita tidak akan terganggu terlalu lama. Sebelum proses penggalian, ada baiknya kita memberitahukan tetangga terlebih dahulu. Mintalah pengertian ke mereka agar tidak terjadi kesalahpahaman.

5. Apakah saya dapat menggali sendiri untuk menghemat biaya?

Sekarang ini, bukan tidak mungkin untuk mencari tahu dan mempelajari cara melakukan penggalian kolam renang. Apabila kita melakukan penggalian sendiri, kita dapat menghemat biaya pembuatan kolam renang. Namun, dibandingkan dengan proses lainnya dalam pembuatan kolam renang, proses penggalian terbilang cukup sederhana. Selain itu, kita juga harus mencari tahu apakah penggalian lahan dapat dilakukan tanpa harus melalui izin pemerintah sekitar.
Meskipun dapat menghemat uang, sebaiknya kita mempercayakan proses penggalian kolam renang pada penyedia jasa. Penyedia jasa pembuatan kolam renang tentu memiliki pengalaman yang lebih dibandingkan kita yang hanya ingin mencoba. Tentunya, mereka dapat melakukan penggalian kolam renang dengan aman serta efektif.